BEM STAI NU PACITAN ADAKAN SEMINAR NASIONAL

Sabtu, 26 Januari 2013, Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan (STAINUPA) menggelar Seminar Nasional Pendidikan di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Seminar Nasional Pendidikan yang dibuka oleh Bupati Pacitan Drs. H. Indartato, MM. tersebut mengangkat tema “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Bangsa Yang  Kuat-Positif” (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). Dalam sambutanya Bupati Pacitan memaparkan pentinProf.-Maragustamgnya pendidikan bagi setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali, karena dengan warga yang berpendidikan, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan lebih mampu mengelola kekayaan alamnya.

Tampak hadir sebagai undangan dalam acara tersebut jajaran Senat STAI NU Pacitan, Kasi Pokapontren Kementrian Agama Kabupaten Pacitan Drs. Wakhuri, MSI,  Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Ketua PMII Cabang Pacitan Agus Salim, Ketua IPNU Cabang Pacitan Ahmad Fauzi, BEM STKIP PGRI Pacitan, BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pacitan,  BEM Ma’had Aly Tremas, dan BEM STAIFA Kikil Arjosari.

Sebagai Narasumber Seminar Nasional tersebut Prof. Peserta Seminar NasionalDr. H. Maragustam Siregar, MA. (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Beliau memaparkan pentingnya karakter bagi setiap individu, sehingga karakter masing-masing individu tersebut menjadi sebuah karakter besar bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia. Tandas Mantan Aktifis PMII Komisariat UIN Yogjakarta itu “bangsa yang cerdas adalah bangsa yang dibangun atas tiga pilar.

  1. Memiliki kemampuan dalam menguasai berbagai aspek kehidupan, baik aspek ekonomi, sosial, politik, hukum, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun aspek agama.
  2. Memiliki karakter yang kuat-positif yang bersumber dari agama, falsafah bangsa dan budaya luhur bangsa.
  3. Memiliki kebudayaan dan peradaban yang humanis, bermartabat dan  religius, sebagai hasil dari pendidikn termasuk pendidikan Islam”.

Acara yang di diagendakan selesai pukul 12.00 WIB belum bisa diakhiri karena antusiasnya peserta dalam mengikuti acara tersebut. Akhirnya pada pukul 13.00 WIB Moderator Seminar Dani Patria Krisna, S.Pd.I baru dapat mengakhiri acara tersebut dan disambut dengan tepuk tangan dari paserta Seminar.

About these ads

Posted on Januari 28, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: