MAHASISWA DAN ORGANISASI

                                      Apa sesungguhnya identitas Mahasiswa itu.??

Mahasiswa adalah elemen yang unik berada dalam posisi ideal dalam pandangan masyarakat luas, memiliki kompetensi teoritis dan praktis sehingga membawanya pada sebuah identitas intelektual yang memiliki pengaruh kuat dalam setiap bentuk perubahan sosial.

Kecakapan akan potensi intetelektual yang dimiliki, membuatnya memiliki bargaining posisi yang tidak hanya diakui aleh kalangan Masyarakat awam, tapi juga sampai pada telinga masyarakat Ilmiah yang lain (Birokrasi Kampus) bahkan Pemerintah.

Tidak diragukan, bahwa masa depan bangsa ini berada ditangan generasi muda saat ini. Mahasiswa sebagai generasi muda terpelajar adalah yang paling menentukan dan paling bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa ini. dalam sebuah tulisannya Busro Maqaddas mengatakan:

Jika akan merusak bangsa dan negara, rusakkah mahasiswa!. Bawa mereka ke alam pikir serba instan dengan ciri-ciri : cepat lulus, cepet kerja, gaji besar, rumah mobil mewah, hoby diskotik, pub, café, gaya hidup metropolitan. Pendeknya: Penghamba materealisme. Jauhkan mahasiswa dari kecendrungan memiliki kepekaan dan empati sosial, tak tersentuh dengan jungkir balik orang tua pencari rizki demi masa depan anak, tak peka terhadap empat puluh juta si miskin yang terzalimi oleh sistem sosial yang korup, tak peduli terhadap mental dan laku bohong pejabat dan penguasa, bahkan tak peka mengenali dirinya sendiri”.

Kini, banyak mahasiswa terjebak pada pola kehidupan populer yang cenderung pada obsesi keakuan dari pada motivasi untuk kontribusi sosial, cenderung bersikap apatis, hedonis dan selalu mengedepankan gaya hidup. Mahasiswa hanya terfokus pada kuliah tanpa ada sumbangsih pemikiran yang membangun. Mahasiswa sudah tidak tahu atau bahkan tidak mau tahu dengan kondisi sekitarnya. Oleh karena itu, tidak keliru jika mahasiswa masa kini, dinilai tidak memiliki keberanian dan kemampuan serta kepedulian mengeluarkan pendapat dan pemikiran ke publik.

Dengan demikian, menjadi patut untuk kita pikirkan dengan memberi perhatian dalam usaha restorasi/perbaikan paradigma pikir mahasiswa, agar tujuan kuliah tidak hanya untuk memburu gelar sarjana tetapi juga benar-benar memiliki keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Apabila kita kembali menilik historigrafi perubahan radikal, tak satupun revolusi di dunia yang tidak berawal dari perubahan pemikiran atau paradigm. Pemikiran akan berubah apabila ada bacaan baru atau wacana baru yang dipadukan dengan informasi sebelumnya. Dapat dipetik pelajaran, bahwa wahyu yang pertama turun adalah surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 berisi perintah membaca. Begitu juga yang semestinya harus dilakukan mahasiswa saat ini adalah revolusi ataupun gerakan yang sifatnya perbaikan dengan cara melakukan pembacaan ulang terhadap kelemahan pribadi mahasiswa itu sendiri. Dan tak dapat dipungkiri bahwa penyakit akut yang mendera mahasiwa adalah pola pikir yang telah terkontaminasi virus-virus jahiliah instans culture atau hedonism.

Mahasiswa  adalah Agen Perubahan (agent of change), untuk meraih predikat itu tentunya mahasiswa wajib berproses mengembangkan diri, baik melalui ORGANISASI maupun forum-forum diskusi sesuai yang terkandung dalam Tri Darma Perguruan Tinggi…

 

“Manfaat Mengikuti Organisasi Kampus”

Dengan mengikuti organisasi, manfaatnya banyak sekali untuk masa depan mahasiswa. Dengan catatan, kamu berperan sebagai partisipan aktif, bukan sebagai anggota yang sekedar terdaftar namanya saja dan tidak pernah mengikuti kegiatan yang ada. Nah di bawah ini dijelaskan beberapa diantaranya:

1.   Melatih Leadership

Ketika ikut organisasi, pastinya akan ada banyak hal yang harus kamu urus seperti acara-acara organisasi, yang tentunya melibatkan banyak orang, baik itu sesama mahasiswa anggota organisasi ataupun orang-orang di luar organisasi. Mahasiswa yang ikut organisasi kampus umumnya memiliki sikap dan karakter yang lebih aktif dibanding mereka yang tidak ikut organisasi. Mereka lebih banyak terlatih dalam mengutarakan pendapat di hadapan orang lain ataupun menggerakkan dan mengarahkan teman-teman sesama anggota ketika organisasi sedang mengadakan suatu acara. Jika saat ini belum terbayang seperti apa rasanya mengarahkan teman-teman sendiri, jika nanti sudah berpartisipasi dalam organisasi, sadar atau tidak sadar, kamu akan terperangah bahwa sesungguhnya kamu mampu melakukannya.

 2.   Memperluas Jaringan atau Networking

Di dalam organisasi akan banyak orang baru yang kamu kenal. Teman-teman mahasiswa seangkatan, senior, mahasiswa dari jurusan lain, orang lain atau praktisi di bidang organisasi atau jurusan yang kamu pilih, dan sebagainya. Mereka ini (bisa juga disebut sebagai jaringan) jangan diremehkan, karena merupakan aspek yang penting, terutama bagi fresh graduate dan mereka yang sedang mencari pekerjaan.

 3.   Mengasah Kemampuan Sosial

Mereka yang tergabung dalam organisasi, umumnya secara sosial juga lebih aktif dibanding mereka yang tidak ikut organisasi. Jika ikut organisasi, kamu juga akan terlatih berinteraksi dengan berbagai macam tipe orang. Tidak hanya teman-teman satu jurusan, tapi juga dengan teman-teman dari program studi yang lain. Dengan ini, tentu akan semakin memperluas pemahaman kamu akan berbagai karakteristik orang. Sesuai pengetahuan umum, manusia adalah individu unik. Semakin luas pergaulan kamu, maka pemahaman kamu akan manusia dapat semakin kaya.

 4.   Problem Solving dan Manajemen Konflik

Banyak berinteraksi dengan orang dengan berbagai karakteristiknya, merupakan hal yang lumrah jika satu atau dua kali terlibat konflik dengan mereka. Jika sudah terbiasa mengatasi masalah dan konflik, kamu tidak akan kaget lagi dan sudah terbayang hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif..

Posted on November 27, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: