Pupuk Langka, Petani Resah

pupukJum’at, 18 Desember 2015 – Musim hujan telah datang sejak akhir tahun 2015. Ratusan petani di Desa Jatimalang “berpesta” air. Sawah-sawah telah tergenang air, ladang telah basah. Segeralah mereka melaksanakan rutinitas sebagai petani. Mulai dari membajak sawah, menyemai benih, kemudian menanam.

Seminggu setelah sawah ditanami padi, saatnya petani mulai mempersiapkan pupuk. Toko pertanian dan distributor pupuk kebagian sibuknya. Mereka harus melayani pesanan pupuk yang serentak di beberapa wilayah.

Alhasil, stok pupuk menjadi habis sejak beberapa hari lalu. Sebagian besar petani Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan tidak kebagian pupuk. Para petani mencari dari toko satu ke toko yang lainnya. Namun hasilnya nihil. Pemilik toko memberikan perkiraan stok pupuk akan tersedia esok hari (19/12/2015). Namun para pemilik toko juga tidak dapat menjanjikan kepastian besok sudah tersedia.

Jamal (26) salah seorang warga Desa Jatimalang mengharapkan agar “kelangkaan pupuk ini tidak berlangsung lama, sehingga petani dapat memupuk tanaman padi. Karena jika tidak dipupuk, hasilnya akan tidak maksimal” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Sapto Pitoyo Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pacitan “setiap musim waktu penanaman padi pupuk selalu terjadi kelangkaan dan harganya mahal, tetapi bila tidak pada waktu musim tanam padi pupuk dipastikan cukup tersedia dan harga relatif stabil”. Sebenarnya apa yang terjadi!!! tegasnya.

Sapto juga berharap kepada pemerintah daerah yang terkait agar supaya terjun langsung dan melihat keadaan di lapangan, tidak terbatas hanya di Desa Jatimalang tetapi seluruh wilayah di Kab. Pacitan guna menindaklanjuti masalah yang dihadapi para petani ini, sehingga kelangkaan pupuk dapat segera teratasi, imbuhnya. (Sap)

Posted on Desember 18, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: