Kemarau Panjang, Akibatkan Produksi Gula Kelapa Menurun Drastis

klopoMinggu 20 Desember 2015 – Pendapatan petani gula kelapa yang ada di Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan menurun drastis sejak kemarau panjang ini. Produksi nira mereka turun, sehingga produksi gula merosot.

Perajin gula kelapa, Sukiran mengatakan, musim kemarau membuat produksi nira dari pohon kelapa miliknya menurun. Dari sekitar 25 batang pohon kelapa, yang mengeluarkan niranya hanya 10 pohon saja. Selebihnya kering dan tidak menghasilkan nira. “Sudah tiga bulan ini produksinya terus menurun,” kata Ponimen warga Kalak Donorojo, Pacitan, tadi pagi.

Sebelumnya, produksi nira yang dihasilkan setiap harinya bisa mencapai 20 liter. Jika diolah menjadi gula kelapa bisa menghasilkan hingga 7 kg. Namun saat ini paling banyak hanya 3 liter dan hanya memproduksi sekitar 1 kg gula kelapa saja. Setiap kilogramnya, gula kelapa produksi petani di Kalak laku Rp10.000. Artinya saat musim penghujan, petani bisa mendapatkan pendapatan hingga Rp 70.000.

“Produksi nira kelapa akan meningkat, sekitar tiga bulan lagi” ujar slamet salah seorang warga desa kalak. Slamet juga mengungkapkan bahwa kelangkaan gula kelapa diakibatkan sebagaian besar masyarakat di donorojo telah beralih profesi, yang dulu pohon kelapanya di deres (sadap) kini berubah diambil buahnya untuk dijual di pantai klayar pacitan karena lebih menjanjikan.

Di tingkat pedagang, musim kemarau memang mampu mendongkrak harga jual. Sebelumnya harga gula kelapa hanya Rp11.000. Namun saat ini bisa meningkat hingga Rp13.000. “Sudah dua bulan ini harga membaik,” tandasnya. (Sap)

Posted on Desember 20, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: